Langsung ke konten utama

GERAKAN JURUS TANGAN (POMSAE) TAEKWONDO

Seni Pencak - Gerakan jurus tangan (Pomsae) Taekwondo – Taekwondo memang termasuk seni beladiri modern,banyak orang belajar seni beladiri ini.Kalian pernah melihat kejuaraan Taekwondo gak ? Kalau anda melihat anda pasti senang dengan gaya gerakannya,kakinya yang luwes bisa nyampe diatas kepala.Memang Taekwondo terkenal dengan gaya tendangannya selain itu Taekwondo juga mempunyai jurus tangan yang mematikan lho.

Juru-jurus tangan dalam Taekwondo disebut juga Pomsae dalam bahasa Koreanya.Jurus-jurus tangan ini bisa dikombinasikan dengan gerakan tendangan untuk menambah variasi serangan.Apa saja jurus-jurus tangan yang ada didalam seni beladiri Taekwondo ? Kali ini Seni Pencak akan menjelaskan tentang gerakan jurus tangan (Pomsae) Taekwondo.

Tata Cara (Urutan) GERAKAN JURUS TANGAN (POMSAE) TAEKWONDO

JURUS TANGAN (POMSAE) TAEKWONDO


Nama jurus-jurus tangan didalam seni beladiri Taekwondo,meliputi :

1.Debon yohyang (gerakan enam dasar)

2.Debon Aremaki

Didalam gerakan debon aremaki dibagi menjadi beberapa Tage yaitu Tage 1 sampai Tage VIII.Sikap siaga yang menjadi dasar-dasar utama dari gerakan yang dapat dipadukan dengan tendangan (steep),meliputi?

a.)Chins steep

Posisi berdiri dua kaki depan dan belakang,lalu agak lompat dan bergntian posisi kaki depan menjadi diposisi kaki belakang.

b.)Sleading steep
Posisi kaki depan maju selangkah kemudian diikuti kaki belakang

Di dalam Taekwondo juga terdapat gerakan yang dapat dipadukan dengan tendangan-tendangan yang dinamakan step (mulai dari 1 hingga 21) meliputi :

1.Steep 1

Kaki belakang maju selangkah dengan cepat

2.Steep 2

Posisi kaki depan ditarik sedikit,dan kaki belakang maju satu langkah dengan cepat

3.Steep 3

Posisi kaki depan ditarik sedikit dan kaki belakang maju 2 langkah dengan cepat

4.Steep 4

Posisi berputar balik kearah belakang dan kaki belakang menjadi keposisi di depan

5.Steep 5

Posisi kaki depan diangkat kemudian digeser dan maju diikuti pergerakana kaki belakang.

6.Steep 6

Posisi kaki depan dibuka kesamping kaki belakang maju selangkah dan kai didepan ditutup menjadi di belakang.

7.Steep 7

Posisi kaki belakang diangkat kedepan sampai keatas pinggang lalu taruh menjadi kaki depan.

8.Steep 8

Posisi kaki belakang dimajukan  kemudian diayun ke depan,lalu kembali keposisi semula.

9.Steep 9

Posisi kaki belakang diputar 360 derajat kemudian balik lahi keposisi semula

Dan seterusnya sampai dengan steep 21.

Demikianlah gerakan jurus tangan (Pomsae) Taekwondo,semoga informasi diatas bisa membantu,lebih jelasnya silahkan tanya kepada master Taekwondo atau anda mengikuti latihan seni beladiri ini.Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMASANG SABUK dan MELIPAT BAJU KARATE

Seni Pencak - Cara Memasang Sabuk (OBI) dan Melipat Baju (DOGI) – Hellow sahabat Seni Pencak masih punya semangat latihan.hehe dalam pertemuan kali ini kita akan membahas cara memasang sabuk dan melipat baju Karate dengan benar.Dalam bahasa Jepang sabuk disebut juga OBI dan seragam yang dipakai untuk latihan disebut juga DOGI.Setiap cabang olahraga beladiri pasti mempunyai seragam khas dan sabuk yang berbeda-beda.Ada yang berwarna hitam,putih,merah dan sebagainya. Dalam memakai seragam dan sabuk pasti ada aturannya,mengapa bisa begitu? Karena dengan pemakaian seragam yang benar maka gerakan kita tidak terganggu dengan baju yang kita pakai sedangkan untuk sabuk bukan hanya sekedar mengikatnya akan tetapi ada tehnik tersendiri untuk pemasangan sabuk.Dengan pemasangan sabuk yang benar akan terhindar dari kontraksi perut atau disebut juga ketedun.Beladiri mempunyai banyak gerakan maka kita harus persiapkan dari yang terkecil dulu mulai dari Pemasangan Sabuk (obi) dan Melipat Baju Karate

15 Aliran Beladiri Paling Mematikan dan Ditakuti Seluruh Dunia

Seni Pencak – 15 Aliran Beladiri Paling Mematikan dan Ditakuti di Seluruh Dunia - Ngomong-ngomong tentang aliran beladiri banyak sekali macamnya.Lalu apa aliran seni beladiri yang paling di takuti dan mematikan di Dunia ? Pada dasarnya kita belajar beladiri tidak lain hanya untuk mempertahankan diri dari serangan musuh dan menjaga agar badan tetap sehat.Apabila Anda belajar belajar beladiri jangan salah digunakan ya guys. Di Dunia ini banyak sekali aliran beladiri,setiap wilayah mempunyai ciri khas masing-masing,namun tujuannya tetap sama yaitu untuk mempertahankan diri dan kesehatan.Untuk itu Seni Pencak akan menyuguhkan urutan seni beladiri yang paling ditakuti dan mematikan di seluruh Dunia.Yuk simak artikel dibawah ini. 1.Perguruan Pencak Silat Siapa yang tidak tahu pencak silat,salah satu seni beladiri yang berasal dari Asia Tenggara.Beladiri ini sangat terkenal di Indonesia ,Malaysia,Filippina,dan penyebaran suku bangsa melayu Nusantara.Asal mula ilmu beladiri di Nu

TATA CARA UPACARA dan TRADISI KARATE

Seni Pencak - Tata Cara Upacara dan Tradisi Karate – Pemberian penghormatan dapat dilakuan kapan saja dan dimana saja baik sedang berpakaian karate maupun tidak.Biasanya penghormatan dalam Karate ditujukan kepada semua Karateka senior atau yang lebih tinggi sabuknya baik tingkat RYU atau tingkat Dan-nya.Semua karateka yang pernah atau lenih dulu mengikuti latihan karate,tapi karena suatu hal tidak dapat melanjutkan latihan,kepada orang yang bukan karateka tetapi aktif mengabdikan dirinya pada organisasi karate. Untuk yang saya sebutkan di atas tadi biasanya penghormatan diberikan kepadanya.Bagaimana cara memberikan hormatnya? Perhatikan di bawah ini : CARA MEMBERI PENGHORMATAN KARATE 1.Posisi Berdiri Kakirapat,telapak tangan terbuka dsamping badan kemudian badan sedikit membungkuk 30 derajad ke depan sambil menganggukkan kepala.Perlu diingat penghormatan ini di tujukan kepada bendera MerahPutih lambang FORKI. Untuk penghormatan kepada sesama karateka (guru,pelatih,senpai,