Langsung ke konten utama

3 Perbedaan Mendasar Chin up dan Pull up


Seni Pencak – Banyak yang bertanya apa sih bedanya pull up dan chi up ? Pull up dan chin up adalah gerakan olahraga yang sama-sama memanfaatkan berat badan tubuh sebagai bebannya.Untuk melalukan gerakan pull up dan chin up anda harus menyediakan palang atau tiang bar.Hampir semua Militer atau sekolah yang berbabi Militer di Dunia ini menggunakan pull up atau chin up dalam tes jasmani.Pull up dan chin up adalah gerakan compound yang sangat efektif untuk melatih seluruh badan.

Untuk melatih gerakan chin up dan pull up anda harus bergelantungan dipalang atau tiang bar.Kemudian angkat tubuh anda keatas sampai dagu melewati palang tersebut,lalu turunkan badan secara perlahan.Lantas,otot-otot apa saja yang dilatih kedua gerakan (chin up dan pull up) tersebut.Sebenarnya otot-otot yang dilatih dalam pull up dan chin up hampir ada kemiripan,seperti :

1.Otot external oblique
2.Erector spinae
3.Pectoralis major
4.Lower trapezius
5.Infraspinatus
6.Biceps brachii
7.Latissimus dorsi

Setelah mengetahui otot-otot yang dilatih dari kedua gerakan tersebut,saatnya kita cari tahu perbedaan antara gerakan pull up dan chin up :

Perbedaan Gerakan Pull dan Chin Up


1.Dilihat dari segi pegangan (grip)

Untuk melalukan latihan chin up,pegangan tangan menghadap ke muka ,sedangkan untuk latihan pull up pegangan tangan (telapak tangan ) melawan muka.

2.Dilihat dari segi lebar pegangan

Untuk latihan chin up lebar pegangan pada bar sama dengan lebar bahu (lebih sempit),sedangkan dalam pull up lebar pegangan pada bar sedikit lebih lebar dari bahu.

3.Dilihat dari otot yang dilatih

Jika latihan chin up lebih ditekankan untuk melatih otot biceps brachii dan pectoralis major (otot dada),sedangkan latihan pull up lebih menitik beratkan pada latihan otot Lower trapezius.

Semakin lebar pegangan tangan pada bar saat anda melakukan pull up ,otot sayap (latissimus dorsi) semakin terlatih.Akan tetapi pegangan yang makin lebar akan memberikan range of motion yang lebih kecil.Artinya semakin lebar pegangan tangan ,gerakannya lebih terbatas dan otot-otot selain otot sayap akan kurang terlatih.Selain itu pegangan yang lebar kurang sehat untuk pergelangan tanga dan bahu.Jika anda ingin melalukan pull up dengan pegangan yang lebar ( wide grip pull up ),sebaiknya anda gunakan bar yang agak miring untuk menjaga kesehatan pergelangan anda.

Sulit Pull Up atau Chin Up ?


Jika dilihat dari tingkat kesulitan,tentu gerakan pull up sedikit lebih sulit dilakukan daripada latihan chin up.Oleh karena itu bagi para pemula sebelum melalukan pull up,sebaiknya latihan chin up terlebih dahulu,untuk membangun kekuatan otot.

Sebaiknya Latihan Pull Up atau Chin Up ?


Jika anda ingin membentuk otot tubuh bagian atas,disarankan untuk latihan gerakan kedua-duanya (pull up dan chin up).Masing-masing latihan memiliki peran yang sangat bagus dalam memperkuat otot punggung dan tangan secara menyeluruh.

Jika anda lagi fokus untuk membentuk otot punggung lakukan latihan pull up,jika ingin melatih otot bisep lakukan chin up.Jika bahu atau pergelangan tangan anda lagi cidera jangan untuk memaksakan latihan pull up,sebaiknya latihan chin up saja.

Semoga bermanfaat broww !!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMASANG SABUK dan MELIPAT BAJU KARATE

Seni Pencak - Cara Memasang Sabuk (OBI) dan Melipat Baju (DOGI) – Hellow sahabat Seni Pencak masih punya semangat latihan.hehe dalam pertemuan kali ini kita akan membahas cara memasang sabuk dan melipat baju Karate dengan benar.Dalam bahasa Jepang sabuk disebut juga OBI dan seragam yang dipakai untuk latihan disebut juga DOGI.Setiap cabang olahraga beladiri pasti mempunyai seragam khas dan sabuk yang berbeda-beda.Ada yang berwarna hitam,putih,merah dan sebagainya. Dalam memakai seragam dan sabuk pasti ada aturannya,mengapa bisa begitu? Karena dengan pemakaian seragam yang benar maka gerakan kita tidak terganggu dengan baju yang kita pakai sedangkan untuk sabuk bukan hanya sekedar mengikatnya akan tetapi ada tehnik tersendiri untuk pemasangan sabuk.Dengan pemasangan sabuk yang benar akan terhindar dari kontraksi perut atau disebut juga ketedun.Beladiri mempunyai banyak gerakan maka kita harus persiapkan dari yang terkecil dulu mulai dari Pemasangan Sabuk (obi) dan Melipat Baju Karate

15 Aliran Beladiri Paling Mematikan dan Ditakuti Seluruh Dunia

Seni Pencak – 15 Aliran Beladiri Paling Mematikan dan Ditakuti di Seluruh Dunia - Ngomong-ngomong tentang aliran beladiri banyak sekali macamnya.Lalu apa aliran seni beladiri yang paling di takuti dan mematikan di Dunia ? Pada dasarnya kita belajar beladiri tidak lain hanya untuk mempertahankan diri dari serangan musuh dan menjaga agar badan tetap sehat.Apabila Anda belajar belajar beladiri jangan salah digunakan ya guys. Di Dunia ini banyak sekali aliran beladiri,setiap wilayah mempunyai ciri khas masing-masing,namun tujuannya tetap sama yaitu untuk mempertahankan diri dan kesehatan.Untuk itu Seni Pencak akan menyuguhkan urutan seni beladiri yang paling ditakuti dan mematikan di seluruh Dunia.Yuk simak artikel dibawah ini. 1.Perguruan Pencak Silat Siapa yang tidak tahu pencak silat,salah satu seni beladiri yang berasal dari Asia Tenggara.Beladiri ini sangat terkenal di Indonesia ,Malaysia,Filippina,dan penyebaran suku bangsa melayu Nusantara.Asal mula ilmu beladiri di Nu

TATA CARA UPACARA dan TRADISI KARATE

Seni Pencak - Tata Cara Upacara dan Tradisi Karate – Pemberian penghormatan dapat dilakuan kapan saja dan dimana saja baik sedang berpakaian karate maupun tidak.Biasanya penghormatan dalam Karate ditujukan kepada semua Karateka senior atau yang lebih tinggi sabuknya baik tingkat RYU atau tingkat Dan-nya.Semua karateka yang pernah atau lenih dulu mengikuti latihan karate,tapi karena suatu hal tidak dapat melanjutkan latihan,kepada orang yang bukan karateka tetapi aktif mengabdikan dirinya pada organisasi karate. Untuk yang saya sebutkan di atas tadi biasanya penghormatan diberikan kepadanya.Bagaimana cara memberikan hormatnya? Perhatikan di bawah ini : CARA MEMBERI PENGHORMATAN KARATE 1.Posisi Berdiri Kakirapat,telapak tangan terbuka dsamping badan kemudian badan sedikit membungkuk 30 derajad ke depan sambil menganggukkan kepala.Perlu diingat penghormatan ini di tujukan kepada bendera MerahPutih lambang FORKI. Untuk penghormatan kepada sesama karateka (guru,pelatih,senpai,