Langsung ke konten utama

7 Manfaat Gerakan Chin Up Bagi Kesehatan Tubuh


Seni Pencak –7 Manfaat Gerakan Chin Up Bagi Kesehatan Tubuh - Pernah melakukan gerakan chin up ? Chin up adalah salah satu gerakan olahraga yang memanfaatkan berat tubuh sebagai bebannya.Gerakan chin up juga bagus untuk melatih otot tubuh bagian atas.Gerakan ini hampir sama dengan pull up,bedanya hanya pegangan pada panag atau tiang yang digunakan.Untuk pegangan pull up posisi tangan membelakangi tubuh.Sedangkan chin up tangan menghadap ke tubuh.

Gerakan chin up tergolong cukup sederhana,bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun anda mau.Tapi sebaiknya lakukan gerakan chin up 3 kali dalam seminggu.Untuk mendapatkan manfaat dari gerakan ini ,anda harus melakukan gerakan chin up dengan baik dan benar.Lantas,apa manfaat gerakan chin up bagi kesehatan tubuh ? Sebenarnya manfaat dari gerakan ini sangatlah banyak.Biar gak penasaran,mari kita ungkap bersama-sama.

1.Melatih otot lengan dan punggung

Sebenarnya latihan chin up lebih menargetkan otot-otot latissimus dorsi yang letaknya dipunggung bagian atas.Selain itu juga dapat melatih otot-otot biseps dilengan.

2.Melatih kekuatan otot

Jika anda melakukan gerakan chin up dengan baik,dapat melatih kekuatan otot dan membentuknya menjadi besar.Bagian otot yang terlatih bagian otot bahu,otot lengan,otot punggung dan otot dada.

3.Dapat melatih otot jantung

Dengan berlatih chin up otomatis akan melatih otot jantung anda.Selama latihan denyut nadi akan meningkat.Oksigen dan darah akan mengalir lancar didalam tubuh.Otot jantung yang kuat akan membuat jantung bekerja lebih optimal.

4.Melatih kekuatan genggaman kedua tangan

Gerakan chin up dapat melatih otot-otot jari dan telapak tangan,karena kedua telapak tangan menggenggam kuat untuk menahan berat badan tubuh yang bergerak-gerak.Latihan ini berjalan jika kedua telapak tangan anda mampu menahannya.Anda juga bisa menggunakan sarung tangan agar tidak licin saat menggenggam palang chin up dan melindungi kulit anda dari gesekan agar tidak lecet.

5.Mengurangi lemak dalam tubuh

Jika anda berlatih gerakan chin up secara rutin,dan menambah repetisi chin up,maka secara otomatis lemak tubuh anda berkurang.Lemak akan terbakar dan keluar bersama keringat.Selain itu pembakaran lemak juga bisa menjadi energi.

6.Melatih kebugaran

Ternyata dengan berlatih ckin up dapat meningkatkan kebugaran tubuh anda.Saat anda chin up ototmatis otot-otot tubuh akan bekerja dengan baik.Aliran darah akan berjalan dengan baik dan tubuh anda akan kelihatan bugar.

7.Tubuh menjadi lebih atletis

Dengan berlatih chin up secara tekun paling tidak akan terjadi perubahan pada otot punggung ,lengan,bahu dan punggung.Dengan begitu anda kelihatan lebih athletis dan percaya diri semakin meningkat.

Demikianlah 7 manfaat anda berlatih gerakan chin up secara rutin.Hanya dengan chin up anda akan mendapatkan banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh.Ingat gerakan ini jangan dilakukan setiap hari.Lakukanlah 2 atau 3 kali dalam seminggu.Jika anda belum bisa melakukanya,berlatih secara pelahan-lahan.Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMASANG SABUK dan MELIPAT BAJU KARATE

Seni Pencak - Cara Memasang Sabuk (OBI) dan Melipat Baju (DOGI) – Hellow sahabat Seni Pencak masih punya semangat latihan.hehe dalam pertemuan kali ini kita akan membahas cara memasang sabuk dan melipat baju Karate dengan benar.Dalam bahasa Jepang sabuk disebut juga OBI dan seragam yang dipakai untuk latihan disebut juga DOGI.Setiap cabang olahraga beladiri pasti mempunyai seragam khas dan sabuk yang berbeda-beda.Ada yang berwarna hitam,putih,merah dan sebagainya. Dalam memakai seragam dan sabuk pasti ada aturannya,mengapa bisa begitu? Karena dengan pemakaian seragam yang benar maka gerakan kita tidak terganggu dengan baju yang kita pakai sedangkan untuk sabuk bukan hanya sekedar mengikatnya akan tetapi ada tehnik tersendiri untuk pemasangan sabuk.Dengan pemasangan sabuk yang benar akan terhindar dari kontraksi perut atau disebut juga ketedun.Beladiri mempunyai banyak gerakan maka kita harus persiapkan dari yang terkecil dulu mulai dari Pemasangan Sabuk (obi) dan Melipat Baju Karate

15 Aliran Beladiri Paling Mematikan dan Ditakuti Seluruh Dunia

Seni Pencak – 15 Aliran Beladiri Paling Mematikan dan Ditakuti di Seluruh Dunia - Ngomong-ngomong tentang aliran beladiri banyak sekali macamnya.Lalu apa aliran seni beladiri yang paling di takuti dan mematikan di Dunia ? Pada dasarnya kita belajar beladiri tidak lain hanya untuk mempertahankan diri dari serangan musuh dan menjaga agar badan tetap sehat.Apabila Anda belajar belajar beladiri jangan salah digunakan ya guys. Di Dunia ini banyak sekali aliran beladiri,setiap wilayah mempunyai ciri khas masing-masing,namun tujuannya tetap sama yaitu untuk mempertahankan diri dan kesehatan.Untuk itu Seni Pencak akan menyuguhkan urutan seni beladiri yang paling ditakuti dan mematikan di seluruh Dunia.Yuk simak artikel dibawah ini. 1.Perguruan Pencak Silat Siapa yang tidak tahu pencak silat,salah satu seni beladiri yang berasal dari Asia Tenggara.Beladiri ini sangat terkenal di Indonesia ,Malaysia,Filippina,dan penyebaran suku bangsa melayu Nusantara.Asal mula ilmu beladiri di Nu

TATA CARA UPACARA dan TRADISI KARATE

Seni Pencak - Tata Cara Upacara dan Tradisi Karate – Pemberian penghormatan dapat dilakuan kapan saja dan dimana saja baik sedang berpakaian karate maupun tidak.Biasanya penghormatan dalam Karate ditujukan kepada semua Karateka senior atau yang lebih tinggi sabuknya baik tingkat RYU atau tingkat Dan-nya.Semua karateka yang pernah atau lenih dulu mengikuti latihan karate,tapi karena suatu hal tidak dapat melanjutkan latihan,kepada orang yang bukan karateka tetapi aktif mengabdikan dirinya pada organisasi karate. Untuk yang saya sebutkan di atas tadi biasanya penghormatan diberikan kepadanya.Bagaimana cara memberikan hormatnya? Perhatikan di bawah ini : CARA MEMBERI PENGHORMATAN KARATE 1.Posisi Berdiri Kakirapat,telapak tangan terbuka dsamping badan kemudian badan sedikit membungkuk 30 derajad ke depan sambil menganggukkan kepala.Perlu diingat penghormatan ini di tujukan kepada bendera MerahPutih lambang FORKI. Untuk penghormatan kepada sesama karateka (guru,pelatih,senpai,