Langsung ke konten utama

9 Aliran Beladiri Militer Andalan Tni dan Polri

Seni Pencak - Militer dan Polri adalah salah satu pertahanan untuk menjaga keamanan di suatu Negara tak terkecuali Indonesia.Mereka dilatih mulai berbagai cara menggunakan senjata dan peralatan tempur baik melalui darat ,laut dan udara.Selain itu mereka harus dibekali dengan ilmu beladiri yang mumpuni,untuk melawan muusuh dalam situasi sulit.

Pada umunya beladiri Militer memiliki standart khusus yang harus dipelajari oleh setiap prajurit.Entah itu dari kesatuan TNI AD ,TNI Angkatan Laut ,TNI Angkatan Udara dan juga POLRI.Secara garis besar inilah beladiri andalan dari pasukan Militer Republik Indonesia.Perhatikan dibawah ini :

1.Beladiri Kungfu


Beladiri Militer Kungfu

K
ungfu adalah salah satu beladiri yang berasal dari China.Beladiri ini sekarang telah menyebar luas ke seluruh penjuru Negeri ini.Salah satu pasukan elit dari TNI AD pernah dilatih kungfu oleh seorang keturunan Tionghoa yang bernama Effendi.Kehaliannya dalam kungfu diminati oleh TNI.Pada akhrinya diminta untuk melatih pasukan elit Kopassus.Kepiawaian anak didik Effendi terlihat pada saat ada kunjungan istemewa dari panglima tentara Jerman.Penampilan kungfu yang diperagakan oleh pasukan khusus tersebut membuat panglim Jerman kagum.

2.Beladiri Karate


Beladiri Militer Karate

Beladiri yang berasal dari Jepang ini sangat populer di Indonesia.Pada awalnya Karate disebut dengan nama “Tote” atau “tangan China”.Karena masyarakat Jepang memiliki rasa nasionalis yang tinggi,nama Tote kemudian diubah menjadi Karate “Tangan kosong” aar mudah diterima oleh masyarakat Jepang.

Karate digunakan oleh TNI Indonesia karena memiliki falsafah hidup yang cocok dengan nilai-nilai pad kesatuan TNI.Falsafah Karate diantaranya adalah Kejujuran,sopan santun,keberanian,memiliki semangat tinggi dan berjiwa positif.Selain itu dengan berlatih Karate bisa meningkatkan kemampuan mental dan fisik yang berguna untuk membela Negara.Agar dapat berlatih Karate dengan maksimal,Kopassus mendatangkan pelati langung dari Jepang.

3.Beladiri Yong Moo Do

Beladiri Militer Yong Moo Do

Beladiri ini resmi berdiri pada tanggal 15 Oktober 1995 saat The Martial Art Research Institut dari Yong in University di Korea menciptakan beladiri gabungan antara Taekwondo,Judo,Ssirum,Hon Sil Sul dan Apkido yang bernama Yong Moo Do.Kata Yong yag artinya Naga ,dipercaya membawa keberuntungan ,dangakn Moo berarti pertempuran dengan pertahanan fisik dan mental.Do berarti cara hidup yang berisi filosofi belajar dari alam.
Pada tahun 2008 ,beladiri ini wajib bagi TNI Angkatan Darat seperti Kostrad dll.Ilmu beladiri Yong Moo Do pertama kali ditunjukkan pada perayaan HUT TNI tahun 2008 dan terakhir pada HUT TNI ke-70 beberapa waktu silam.

4.Beladiri Tarung Derajad

Beladiri Militer Tarung Derajad

Beladiri ini lahir di Bandung pada tahun 1972 yang diciptakan oleh orang asli Indonesia yang bernama Ahmad Drajad atau biasa disebut dengan AA Boxer.Latihan fisik TARUNG Derajad tergolong keras ,mulai dari menahan pukulan sampai dengan memecahkan atoko menggunakan kepala.Sekarang beladiri ini banyak digunakan oleh kalangan Militer maupun POLRI.

5.Beladiri Merpati Putih

Beladiri Militer Merpati Putih

Merpati Putih bermulai dari sekitar tahun 1550 an,ilmu beladiri ini adalah salah satu dari anggota Pencak silat seluruh Inodneisa (IPSI) dan juga Martias Arts Federation For World Peace.Beladiri ini asli warisan dari nenek moyang bangsa Indonesia.Beladiri ini mengajarkan tenaga dalam yag berasal dari dalam tubuh sendiri.Dengan tehnik olah napas ,para anggota beladiri ini mengeluarkan kemampuan fisik siatas rata-rata.

Meskipun beladiri ini tidak dijadikan sebagai beladiri utama dalam pasukan Militer Indonesia,namun peminatnya tetaplah banyak ,terbukti dari beberapa pasukan elit militer yng mengunakan beladiri Merpati Putih.Misalnya pasukanleit Marinir (Kopaska) TNI AL,Paskhas (TNI AU) dan juga pasukan khsusu dari POLRI yaitu Brimob.

6.Beladiri Shorinji Kempo

Salah satu beladiri yang berasal dari Jepang ini juga dipelajari pasukan Militer Indonesia.di Indonesia beladiri ini disebut dengan Kempo saja.Shorinji kempo diciptakan oleh Doshin So.Pada tahun 1947 sebagai sistem pelatihan dan pengembangan diri (gyo) atau disiplin dalam bahaa Jepang.Kata Shorinji Kempo sendiri berasal dari kata sho= hutan,rin= bambu,ji=kuil,ke=aturan dan kempo bermakna “jalan hidup”.

7.Beladiri Krav Maga

Krav Maga adalah salah satu beladiri yang berasal dari Negara Israel yang berarti “pertarungan kontak”.Krav Maga adalah salah satu beladiri yang menkankan dalam menetralisasi ancaman maksimum dalam konteks “ kehidupan nyata”.Sistem ini telah dakui keunggulannya karena diadopsi oleh Pasukan pertahanan Israel dan juga badan-badan penegak hukum International seperti FBI,Mossad,SWT dll.Selain itu beladiri ini juga dipelajai oleh beberapa Militer Indonesia.

8.Pencak Silat

Pencak silat adalah salah satu beladiri warisan budaya Indonesia.Selain Merpati Putih ada juga beberapa pencak silat yang dipelajari oleh anggota Militer seperti Pencak silat setia hati terate dll.

9.Untuk nomor sembilan sengaja admin kosongin,mungkin ada sahabat Seni Pencak ada yang mau menambahkan.Silahkan tambahkan melalui koom komentar admin akan langsung mengupdatenya.

Demikianlah beberapa macam aliran beladiri yang menjadi andalan militer Indonesia seperti Kopassus,Kostrad,Brimob,Paskhas, dari TNI AD ,AU ,AL maupun POLRI.Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMASANG SABUK dan MELIPAT BAJU KARATE

Seni Pencak - Cara Memasang Sabuk (OBI) dan Melipat Baju (DOGI) – Hellow sahabat Seni Pencak masih punya semangat latihan.hehe dalam pertemuan kali ini kita akan membahas cara memasang sabuk dan melipat baju Karate dengan benar.Dalam bahasa Jepang sabuk disebut juga OBI dan seragam yang dipakai untuk latihan disebut juga DOGI.Setiap cabang olahraga beladiri pasti mempunyai seragam khas dan sabuk yang berbeda-beda.Ada yang berwarna hitam,putih,merah dan sebagainya. Dalam memakai seragam dan sabuk pasti ada aturannya,mengapa bisa begitu? Karena dengan pemakaian seragam yang benar maka gerakan kita tidak terganggu dengan baju yang kita pakai sedangkan untuk sabuk bukan hanya sekedar mengikatnya akan tetapi ada tehnik tersendiri untuk pemasangan sabuk.Dengan pemasangan sabuk yang benar akan terhindar dari kontraksi perut atau disebut juga ketedun.Beladiri mempunyai banyak gerakan maka kita harus persiapkan dari yang terkecil dulu mulai dari Pemasangan Sabuk (obi) dan Melipat Baju Karate

15 Aliran Beladiri Paling Mematikan dan Ditakuti Seluruh Dunia

Seni Pencak – 15 Aliran Beladiri Paling Mematikan dan Ditakuti di Seluruh Dunia - Ngomong-ngomong tentang aliran beladiri banyak sekali macamnya.Lalu apa aliran seni beladiri yang paling di takuti dan mematikan di Dunia ? Pada dasarnya kita belajar beladiri tidak lain hanya untuk mempertahankan diri dari serangan musuh dan menjaga agar badan tetap sehat.Apabila Anda belajar belajar beladiri jangan salah digunakan ya guys. Di Dunia ini banyak sekali aliran beladiri,setiap wilayah mempunyai ciri khas masing-masing,namun tujuannya tetap sama yaitu untuk mempertahankan diri dan kesehatan.Untuk itu Seni Pencak akan menyuguhkan urutan seni beladiri yang paling ditakuti dan mematikan di seluruh Dunia.Yuk simak artikel dibawah ini. 1.Perguruan Pencak Silat Siapa yang tidak tahu pencak silat,salah satu seni beladiri yang berasal dari Asia Tenggara.Beladiri ini sangat terkenal di Indonesia ,Malaysia,Filippina,dan penyebaran suku bangsa melayu Nusantara.Asal mula ilmu beladiri di Nu

TATA CARA UPACARA dan TRADISI KARATE

Seni Pencak - Tata Cara Upacara dan Tradisi Karate – Pemberian penghormatan dapat dilakuan kapan saja dan dimana saja baik sedang berpakaian karate maupun tidak.Biasanya penghormatan dalam Karate ditujukan kepada semua Karateka senior atau yang lebih tinggi sabuknya baik tingkat RYU atau tingkat Dan-nya.Semua karateka yang pernah atau lenih dulu mengikuti latihan karate,tapi karena suatu hal tidak dapat melanjutkan latihan,kepada orang yang bukan karateka tetapi aktif mengabdikan dirinya pada organisasi karate. Untuk yang saya sebutkan di atas tadi biasanya penghormatan diberikan kepadanya.Bagaimana cara memberikan hormatnya? Perhatikan di bawah ini : CARA MEMBERI PENGHORMATAN KARATE 1.Posisi Berdiri Kakirapat,telapak tangan terbuka dsamping badan kemudian badan sedikit membungkuk 30 derajad ke depan sambil menganggukkan kepala.Perlu diingat penghormatan ini di tujukan kepada bendera MerahPutih lambang FORKI. Untuk penghormatan kepada sesama karateka (guru,pelatih,senpai,